Visi
Visi dari Program Magister Matematika FMIPA UGM adalah pada tahun 2037 menjadi Program Studi Magister Matematika yang unggul secara nasional dan mampu bersaing secara internasional, baik dalam teori maupun aplikasi, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Berikut adalah penjelasan dari setiap makna formulasi Visi di atas:
- “Unggul secara Nasional” berarti bahwa Program Studi Magister Matematika selalu terakreditasi oleh BAN / LAM dengan peringkat terbaik (“Unggul” atau “A”), mahasiswa berprestasi, lulusan mampu bersaing untuk diterima bekerja pada pekerjaan yang baik sesuai dengan profil lulusan yang telah ditentukan,
- “Bersaing secara Internasional” berarti bahwa lulusan mampu bersaing dengan Program Studi Magister Matematika di LN, kurikulumnya setara dengan kurikulum Program Studi Magister Matematika di LN, buku rujukan/referensi yang digunakan dalam transfer ilmu merupakan buku rujukan/referensi standar lanjut dari penerbit yang terpercaya, konten (silabus) sesuai dengan regulasi internasional, dan sebagian dari penelitian dalam tesisnya menghasilkan publikasi di jurnal internasional.
- “Mewujudkan kesejahteraan masyarakat” berarti bahwa penelitian dosen dan mahasiswa berorientasi pada penyelesaian masalah masyarakat yang lebih luas, dan kegiatan PkM dosen dan mahasiswa berkontribusi pada pengembangan manusia.
Misi
Misi Program Magister Matematika Fakultas MIPA UGM adalah
- Menyelenggarakan pendidikan program magister matematika yang inovatif dan berkualitas, yang mampu menghasilkan lulusan yang adaptif dan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri.
- Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian serta publikasi, terutama yang melibatkan mahasiswa.
- Meningkatkan mutu dan jumlah layanan pada masyarakat, terutama yang melibatkan mahasiswa.
- Meningkatkan mutu dan jumlah luaran dosen, mahasiswa, dan lulusan.
- Meningkatkan sistem pengelolaan program studi magister matematika yang transparan, akuntabel, dan berkeadilan.
Tujuan
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada SNPT untuk setiap Program Studinya yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Kurikulum Program Studi Magister Matematika dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih empat semester. Kurikulum tersebut disusun untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan memasuki lapangan kerja atau melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, Program Studi Magister Matematika juga harus dapat memfasilitasi mahasiswa untuk siap dilatih dan siap dikembangkan potensi dirinya.
Secara umum, tujuan Program Studi Magister Matematika adalah menghasilkan lulusan tingkat magister matematika yang mampu berkontribusi positif dalam mewujudkan cita-cita masyarakat dalam pengembangan matematika atau aplikasi matematika, baik dalam masyarakat keilmuan maupun dalam masyarakat umum, pada tingkat internasional, regional dan nasional. Selain itu, Program Studi Magister Matematika bertujuan menghasilkan lulusan yang adaptif dalam mengembangkan potensi, minat dan kekuatan matematika, serta mempunyai sikap dan kepribadian yang baik, siap mengembangkan atau menyelesaikan masalah-masalah pada bidang lain yang memerlukan matematika; serta siap dalam melanjutkan studi pada jenjang yang lebih lanjut ataupun untuk berkiprah dalam berbagai profesi yang membutuhkan kematangan penguasaan dan keterampilan mengaplikasikan matematika.
Secara khusus, tujuan (Program Educational Objective/PEO) Program Studi Magister Matematika adalah menghasilkan lulusan tingkat magister sains matematika yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berintegritas serta mempunyai kemampuan (competences) untuk:
PEO-1 | melakukan penelitian dan pengembangan bidang matematika hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PEO-2 | mengelola penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
PEO-3 | merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah (problem solving approach) dalam kehidupan masyarakat dengan cara ilmiah melalui pendekatan inter/multidisipliner. |
PEO-4 | mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan secara terus menerus menjadi pembelajar sepanjang hayat/lifelong learner) khususnya bidang matematika dan aplikasinya. |