Profil
Secara garis besar Profil Lulusan Program Studi Magister Matematika diharapkan akan berprofesi sebagai: Akademisi, Peneliti Madya, Konsultan, atau Praktisi, dengan penjelasan sebagai berikut:
AKADEMISI
- Secara umum akademisi adalah seorang yang bergelut di suatu bidang keahlian, namun lebih banyak berorientasi pada dunia pendidikan, seperti seorang dosen dan guru.
- Dalam konteks profil lulusan Program Studi Magister Matematika, yang dimaksud akademisi adalah orang yang melakukan aktivitas pengajaran dan penelitian di suatu institusi atau lingkungan pendidikan terkait bidang matematika, statistika, aktuaria, atau bidang terkait dengan matematika.
PENELITI MADYA
- Secara umum peneliti adalah orang yang berperan di dalam sebuah kelompok penelitian dengan melakukan aktivitas menggunakan sistem tertentu dalam memperoleh pengetahuan atau melakukan sejumlah praktik-praktik dimana secara tradisional dapat dikaitkan dengan kegiatan pemikiran atau filosofis.
- Dalam konteks profil lulusan Program Studi Magister Matematika, yang dimaksud peneliti adalah orang yang melakukan aktivitas penelitian di suatu institusi untuk bidang bidang matematika, statistika, aktuaria, atau bidang terkait dengan matematika.
KOSULTAN
- Secara umum konsultan adalah ahli yang tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang, dan sebagainya); penasihat. Konsultan juga merupakan tenaga profesional yang memberikan jasa kepenasehatan dalam bidang tertentu. Selain itu konsultan adalah seseorang yang tugas utamanya adalah memberikan pertimbangan terhadap kebijakan atau menyarankan sebuah kebijakan dalam suatu kegiatan atau organisasi. Konsultan juga sering disebut sebagai staf ahli, yang sering dijadikan tempat untuk bertanya.
- Dalam konteks profil lulusan Program Studi Magister Matematika, yang dimaksud konsultan adalah ahli yang tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang, dan sebagainya); penasihat bidang matematika, statistika, aktuaria, atau bidang terkait dengan matematika.
PRAKTISI (INDUSTRI, JASA, PEMERINTAHAN):
- Secara umum praktisi adalah seorang yang berpengalaman di bidangnya atau seseorang yang membidangi sesuatu. Biasanya seorang praktisi merupakan seorang yang bergerak di bidang industri. Profesi praktisi merupakan seorang pelaksana atas suatu bisnis; seorang pelaksana kegiatan bisnis sebuah perusahaan.
- Dalam konteks profil lulusan Program Studi Magister Matematika, praktisi adalah orang berpengalaman di bidangnya atau seseorang yang membidangi sesuatu yang terkualifikasi untuk melakukan (mempraktekkan) suatu pekerjaan atau profesi bidang matematika, statistika, aktuaria, atau bidang terkait dengan matematika
CPL
Mengacu pada profil lulusan, dirumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes/PLO) Program Studi Magister Matematika adalah:
PLO 1. SIKAP DAN TATA NILAI
Memiliki sikap dan nilai-nilai sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, bertanggung jawab atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri.
PLO 2. PENGETAHUAN UMUM (CORE COMPETENCES)
Menguasai konsep utama matematika (Analisis, Aljabar Linear Lanjut, Statistika Matematika, Pemodelan dan Komputasi) metodologi, dan interelasinya.
PLO 3. PENGETAHUAN KHUSUS
Mempunyai penguasaan pengetahuan yang komprehensif dalam salah satu atau beberapa teori untuk pengembangan pada:
- Bidang analisis
- Bidang aljabar dan kombinatorika
- Bidang matematika terapan dan komputasi
- Bidang statistika dan data sains.
PLO 4. KETERAMPILAN UMUM
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan secara kreatif, inovatif, dan teruji melalui pendekatan multidisiplin atau interdisiplin serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat akademik.
PLO 5. KETRAMPILAN KHUSUS
Menguasai pengetahuan isu terkini, perkembangan bidang matematika, khususnya yang terkait dengan teori dan aplikasinya, melalui proses pembelajaran yang berstandar nasional dan bertaraf internasional.
PLO 6. PEMBELAJAR SEPANJANG HAYAT (LIFE LONG LEARNING)
Memahami dan dapat menjalani filosofi belajar sepanjang hayat serta adaptif terhadap perkembangan IPTEKS, khususnya bidang yang terkait dengan teori matematika dan terapannya serta mempunyai naluri dalam pengembangan atau penerapan matematika serta mengembangkan tantangan baru.