Kurikulum Program Studi S2 Matematika FMIPA UGM dirancang untuk menghasilkan lulusan Strata 2 (S2), dengan gelar M.Sc. (Master of Science) yang mempunyai kompetensi-kompetensi sebagai berikut:

A        Kompetensi Utama:

  1. Secara  Knowledge and Understanding:
    • Mampu menguasai teori dan konsep aljabar, analisis, statistik matematik,dan aplikasinya yang relevan dengan bidang keahliannya.
    • Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu, khususnya ilmu matematika dan aplikasinya.
    • Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan atau menciptakan konsep baru.
    • Akrab dengan pemikiran mutakhir para ahli dalam bidang matematika dan aplikasinya.
    • Mampu mengaplikasikan ilmu matematika sesuai bidang keahliannya untuk memecahkan berbagai permasalahan termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.
    • Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan konsep ilmu dalam bidang matematika melalui penelitian secara mandiri
  2. Dalam hal Intellectual (thinking) skills:

Mampu berfikir secara logis, analitis, induktif, deduktif, dan terstruktur.

B        Kompetensi Pendukung:

  1. Practical Skill: Lulusan yang memiliki kemampuan untuk melakukan problem solving, komputasi dengan manual maupun dengan bantuan komputer.
  2. Transferable Skill: Lulusan yang mampu berkomunikasi secara efektif untuk materi matematika dan aplikasinya.

C        Kompetensi Lainnya:mempunyai budi pekerti yang luhur.

Dengan mempertimbangkan perkembangan keilmuan dan profesi terkait Matematika, serta masukan-masukan dari semua stakeholders, Kurikulum Program Studi S2 Matematika FMIPA UGM telah direvisi pada tahun 2007. Pada 2012 telah dilakukan revisi minor pada kurikulum dengan perubahan utama adalah pengembangan dan penambahan minat dalam program studi.

Mulai Tahun Akademik 2012/2013 Program Studi S2 Matematika UGM mempunyai 7 (tujuh) minat, yaitu minat Analisis, Aljabar, Statistika,Matematika Terapan,Aktuaria, Matematika Keuangan dan Matematika Pendidikan. Pemilihan minat paling lambat ditentukan pada awal semester II.

 

Minat Analisis

Analisis (dari bahasa Yunani analusis, yang berarti memecah atau memisahkan) adalah proses membagi atau memecah suatu topik atau masalah yang mempunyai struktur kompleks menjadi beberapa bagian yang lebih kecil agar diperoleh pemahaman yang lebih baik akan topik atau masalah tersebut.  Matematika analisis, secara singkat sering disebut analisis, merupakan cabang matematika murni yang meliputi teori-teori mengenai limit, deret tak hingga, fungsi analitik, derivative, serta ukuran dan integral. Matematika analisis dapat diaplikasikan pada berbagai cabang matematika yang mempunyai hubungan dengan konsep  nearness (ruang topologi)  atau distance (ruang metrik). Matematika analisis mengajarkan cara berpikir analitis, sehingga dapat membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah baru yang tidak standar/baku.  Dengan demikian Matematika analisis merupakan fondasi yang cukup penting untuk pengembangan konsep dan metode, baik dalam matematika analisis itu sendiri, cabang matematika di luar analisis, maupun terapannya.

 

Minat Aljabar

Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari sistem matematika yakni suatu sistem yang dibentuk dari himpunan atau beberapa himpunan yang dilengkapi dengan satu operasi atau beberapa operasi yang memenuhi syarat-syarat (aksioma-aksioma) serta relasi-relasi tertentu. Dari aturan-aturan pada operasi dan relasi yang terkait serta menggunakan proses abstraksi atau generalisasi bisa muncul konstruksi dan konsep lebih lanjut. Lebih jauh lagi, bidang ini juga akan memperhatikan serta mempelajari apa yang terjadi jika atruran operasi dan relasi tersebut diubah dengan menambah, mengurangi atau memodikasi. Aturan dan relasi yang muncul sebagian besar dilatarbelakangi dan termotivasi dari himpunan bilangan-bilangan terhadap operasi-operasi dan relasi-relasi yang sudah dikenal selama ini yang selanjutnya diangkat atau diperumum ke dalam struktur abstrak diantara struktur Grup, Ring, dan Ruang Vektor. Kemudian dengan dengan struktur tersebut dapat diangkat ke struktur yang lebih abstrak serta umum lagi misalnya struktur modul dan aljabar.

 

Minat Statistika

Statistika adalah konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi. Karena hampir semua fenomena di alam ini memuat ketidapastian dan variasi, penerapan Statistika menjadi sangat luas di berbagai bidang. Dalam minat ini diberikan fondasi yang kuat untuk keperluan pengembangan teori dan metode Statistika, selain diberikan aplikasi dan aspek praktisnya.

 

Minat MatematikaTerapan

Matematika Terapan merupakan penghubung antara ilmu matematika yang bersifat teoritis dengan aplikasi matematika dalam permasalahan nyata. Kajian dalam minat ini meliputi 3 bidang besar, yaitu Bidang 1 (Persamaan Diferensial, Sistem Dinamika, Analisis Numerik, Teori Pertubasi), Bidang 2 (Teori Kendali, Teori Sistem, Teori Permainan), dan Bidang 3 (Optimisasi, Riset Operasi, Logika Fuzzy). Ketiga bidang tersebut tentu tidak dapat berdiri sendiri tanpa melibatkan minat-minat yang lain. Pemahaman tentang Aljabar, Analisis, maupun Statistika sangat diperlukan dalam melakukan pemodelan matematika dan analisisnya. Sebagai jembatan penghubung dengan bidang-bidang aplikasi, pemodelan matematika merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki bagi peminat di bidang ini.

 

Minat Aktuaria

Industri Asuransi dan Keuangan semakin berkembang sehingga membutuhkan banyak lulusan S1/S2 yang mempunyai latar belakang ilmu Aktuaria. Berdasarkan laporan PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia), pada tahun 2007 dari sekitar 200-an perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia, baru memiliki kurang dari 50 orang tenaga aktuaris aktif. Kebutuhan tersebut belum termasuk tenaga aktuaris di perusahaan asuransi non-life dan perusahaan selain perusahaan asuransi. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah banyak himbauan dan usaha baik dari PAI maupun dariBiro Perasuransian, Kementerian Keuangan, untuk meningkatkan SDM aktuaris. Minat ini telah dimasukkan dalam kurikulum 2007, dengan nama Minat Asuransi. Pada kurikulum 2012 ini,  minat Asuransi diubah namanya menjadi Minat Aktuaria, sesuai dengan nama cabang ilmu matematika yang mendasari bisnis asuransi yaitu Aktuaria (Actuarial Science). Benchmarking telah dilakukan dengan kurikulum ujian profesi PAI. Beberapa matakuliah dalam minat ini dapat digunakan untuk memperoleh kesetaraan sertifikasi profesi aktuaris PAI. Mahasiswa minat Aktuaria juga dapat melakukan kerja praktek (non-sks) sesuai dengan tawaran dari perusahaan Asuransi yang bekerjasama dengan Program Studi.

 

Minat Matematika Keuangan

Dalam dekade terakhir ini Industri keuangan dan landasan keilmuan di bidang matematika keuangan (mathematical finance) semakin berkembang. Di Jurusan Matematika FMIPA UGM, di mana Program Studi S2 berada di dalamnya, telah banyak diselenggarakan kegiatan-kegiatan yang terkait matematika keuangan dan pengembangan SDM di bidang matematika keuangan.  Matakuliah tentang matematika keuangan maupun matakuliah yang terkait telah diselenggarakan oleh Program Studi sejak kurikulum 2007. Dalam kurikulum 2012 dilakukan penyempurnaan isi matakuliah Matematika Keuangan dan penekanan minat ini adalah penguasaan teori maupun pengetahuan praktis. Untuk penyempurnaan kurikulum dilakukan benchmarking dengan kurikulum program Master of Quantitative Finance, University of Waterloo.

 

Minat Matematika Pendidikan

Sejalan dengan visi dan misi Program Studi S2 Matematika yang salah satunya adalah berkontribusi untuk perbaikan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran bidang Matematika di Indonesia; dan dengan mempertimbangkan permasalahan pendidikan Matematika di Indonesia, yang salah satunya adalah kurangnya wawasan dan kompetensi guru tentang perkembangan ilmu Matematika, maka dipandang perlu untuk mengembangkan suatu minat yang mendukung ke arah pencapaian visi dan misi dan menyelesaikan masalah tersebut. Berdasarkan pengalaman dalam menyelenggarakan program S2 untuk guru-guru madrasah kerjasama dengan Kementerian Agama dan curriculumbenchmarking dengan program Master of Science, Mathematics for Educators, National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore, disusun minat Matematika Pendidikan dalam Kurikulum 2012 ini.Program ini diutamakan untuk guru atau mereka yang mempunyai proyeksi dan minat untuk berprofesi sebagai guru. Meskipun arah minat ini adalah untuk guru dan pendidikan, substansi Matematika dalam minat ini masih lebih besar dibandingkan dengan substansi ilmu pengajaran (teaching). Hal ini berdasarkan prinsip bahwa guru Matematika akan lebih optimal dalam melakukan pengajaran jika menguasai substansi yang diajarkan dengan baik dan lengkap. Terlebih lagi, untuk mengembangkan karirnya, guru disyaratkan untuk dapat melakukan penelitian, yang mana kompetensi penelitian ini perlu ditunjang oleh penguasaan substansi Matematika yang baik dan benar.